Entri Populer

Rabu, 07 Maret 2012

4 hal yang penting untuk menjalani hubungan.

    Rasa percaya dan kejujuran
Kepercayaan dalam suatu hubungan itu sangat penting.. Yaa.. bisa dibilang fondasi dalam menjalin suatu hubungan. Trus, gimana caranya supaya dapt kepercayaan dari pasangan?
Kepercayaan itu akan datang dengan sendirinya, seiring dengan kejujuran yang ditunjukan. Kepercayaan itu seperti hak yang kita dapatkan setelah kita menjalankan kewajiban, yaitu kejujuran. Tapi bukan berarti setelah kita mendapatkan kepercayaan qta bisa seenaknya. Justru kepercayaan itu harus dijaga karena kepercayaan itu adalah amanat dan sesuatu yang mahal haraganya.. (cie.. sootoy gw)

    Saling mengerti
Tiap orang pasti pingin banget tuh dapt pasangan yang bisa ngertiin dirinya… Tapi jangan egois, bukan Cuma kamu aja yang ingin dimengerti tapi kamu juga harus bisa mengerti, karena pasangan kamu tentunya pingin juga kamu ngertiin dia.. saling pengertian  deh intinya.. tapi jangan jadikan rasa ingin dimengerti ini sebagai senjata saat kamu berbuat salah.. misalnya aja saat kamu ngelakuin kesalahan yang jelas-jelas kamu tau itu salah dan saat pasangan kamu tau dan dia marah kamu malah bilang “harusnya kamu bisa ngertiin aku dong,, kamu kan dah tau aku gimana.. aku kira kamu bisa ngertiin dan kenal aku”. Kata-kata kya gtu tuh yang nunjukin klo kamu orang yang cuma  ingin dimengerti tanpa mau mengerti. Inget pasangan kamu juga ingin kamu ngertiin dia, dan dalam menjalin hubungan tentunya bukan kamu aja yang punya rasa sayang dan bisa sakit hati, tapi pasanngan kamu juga bisa ngerasain hal itu.. jadi hargailah perasaan pasanganmu…


    Kesetiaan
Ini nih hal yang dibilang paling susah sama kebanyakan orang (kecuali gw.. he … he….). Banyak hal yang menyebabkan orang gak setia, karena bosan lah, pasangan gw kurang cakep, pacar gw terlalu pencemburu, dll… Terlalu banyak alasan yang timbul untuk dijadikan alasan orang gak setia. Intinya sih mungkin karena kurang bersyukur sama pasangan yang ada.. kesetiaan itu ujian loh.. sebenernya kesetiaan itu bisa dibangun dan dijaga. Misalnya:
    studi kasus pertama: kamu dan pacar kamu jarang bertemu dan lebih sering bertemu dengan orang lain yang mungkin lebih menarik dibanding pasanganmu, gak bisa  dipungkiri mungkin kamu punya rasa tertarik sama orang itu, klo kamu menyadari hal itu kamu harus bisa mengontrol diri. Ingat,, klo kamu udah punya pasangan yang kamu sayang.. kamu sayang sama dya dan pacar kamu tentunya juga sayang sama kamu, kamu gak mau dong nyakitin orang yang kamu sayang.. gimana klo posisi kamu ada di pacar kamu, tentunya kamu pasti akan sakit hati kan? Begitu juga pacar kamu, dia juga bisa sakit hati,, jadi saling menjaga perasaan itu penting,, klo kamu tau dipukul itu sakit, ya,,, jangan mukul…
    studi kasus yang kedua: kamu merasa bosan dengan pasangan kamu dan kamu menjadikan hal itu untuk menjadi orang yang gak setia.. uhm,,,jangan dong..! klo kamu emang udah bosan sama pasangan kamu ya sebaiknya dibicarakan baik-baik. Jangan mementingkan kesenangan diri sendiri. Inget,, kamu ngejalanin hubungan itu berdua dan yang punya perasaan bukan kamu sendiri. Jadi lagi-lagi harus saling bertenggang rasa sama  pasangan.. klo emang kamu pingin mengakhiri hubungan, akhiri dengan baik-baik.. pacaran itu bukan Cuma buat seneng-seneng loh.. tapi pacaran itu adalah suatu keputusan yang harus kamu pertanggung jawabkan, bukan sama orang lain tapi bertanggung jawab dengan diri sendiri dan dengan apa yang udah kamu pilih. Bukan juga ajang keren-kerenan klo kamu itu banyak yang suka dan kamu itu laku.. karena pasangan kamu bukan indikator yang bisa kamu jadiin petunjuk bahwa kamu laku. Pasangan kamu juga punya perasaan. Meningat pacaran itu adalah suatu tahap pengenalan untuk mencapai jenjang yang serius (nikah maksudnya) jadi jangan jadiin pacaran itu ajang buat iseng-iseng karena kamu gak pingin kesepian atau gak mau menjomblo. Klo kamu pingin seneng-seneng ya ga usah mainin perasaan orang lain. Mencari kebahagiaan ga perlu dengan menyakiti orang lain karena akhirnya kamu akan dihantui dengan rasa bersalah hanya untuk kesenangan sesaat. Jadi, pacaran itu harus dipertanggung jawabkan, klo ga mau bertanggung jawab ya.. gak usah pacaran.. bertanggung jawab disini maksudnya klo kamu dah ga suka ya diakhiri baik-baik. Apa  lagi klo kamu pingin serius sama pasangan kamu,, ya di jaga hubungannya dengan baik.. tunjukin klo kamu itu orang yang konsisten dan bertanggung jawab sama pilihan kamu.
    Studi kasus yang ketiga: kamu gak setia karena ada orang ketiga yang sayang kamu dan orang ketiga itu ngejar2 kamu sampe akhirnya kamu juga suka sama dya. Hal yang pertama kali harusnya dilakuin, kamu kasih tau orang ketiga itu klo kamu punya pasangan. Tapi, klo orang ketiga itu tetep keukeuh juga sama kamu, harusnya kamu bisa lihat klo orang ketiga itu bukan orang yang baik. Karena bukan suatu hal yang ga mungkin klo kamu jadian sama orang ketiga, trus udah lama pacaran trus orang ketiga itu suka sama yang lain bukan hal yang enggak mungkin kamu akan ditinggalin. Karena type orang ketiga ini bisa dibilang ga punya perasaan. Dya tetep bisa seneng2 sama kamu waktu tau ada orang lain yang tersakiti (pasangan kamu). Bukan hal yang gak mungkin kan dya juga bisa seneng2 sama orang lain (orang baru yang disukainya) sementara dia tau kalo kamu sakit hati. Sebelum kamu salah pilih sebaiknya dipertimbangkan dulu,. Klo kamu dah punya pasangan dan udah lama juga ngejalanin hubungan sama dya tiba2 ada orang ketiga, mending kamu pikir lagi. Apa iya orang baru ini lebih baik dari pasangan mu? Semua orang pasti bisa diajak seneng2, tapi gak smua orang bisa di ajak susah sama kamu. Semua orang pasti pingin dimengerti, tapi gak semua orang bisa ngertiin kamu. Semua orang bisa bertahan saat kamu membahagiakannya, tapi apa semua orang bisa tetep bertahan bersama-sama sama kamu saat dia disakiti? Semua orang bisa menerima semua kelebihanmu tapi apa smua orang bisa menerima semua kekuranganmu? Disinilah kamu bisa melihat ketulusan cintan, kesetiaan pasangan kamu yang hanya untukmu..

    Komunikasi
Komunikasi itu penting dalam menjalin hubungan bisa diibaratkan sebagai jembatan yang menghubungkan dua pulau yang terpisah. Klo ada hal yang kamu gak suka sama pasangan kamu, sebaiknya dibicarakan. Jangan dibalas dengan melakukan hal yang dia lakukan ke kamu (balas dendam maksudnya). Saat pasangan kamu melakukan hal yang kamu  gak suka, sebaiknya kamu ingatkan.. kan manusia itu gak luput dari yang namanya lupa. Coba diingatkan..! jangan dibiarkan… klo kamu beranggapan “dia kan udah gede, tau apa yang baik dan yang buruk” atau “dia kan udah gede, nti juga dia mikir sendiri”. Trus apa dong bedanya kamu sebagai pacar sama orang lain? Masa iya sih.. kamu ngebiarin pacar kamu kaya gtu.. mengingatkan untuk hal yang lebih baik kan gak ada salahnya, toh… dengan gtu bukan berarti kamu minta dya untuk ga jadi dirinya sendiri.
Komunikasi itu juga penting biar kamu gak salah paham. Misalnya aja suatu saat kamu jalan sama lawan jenis yang emang itu Cuma temen biasa, trus tiba2 ada temennya pacar kamu yang liat kamu, trus dibilangin deh ke pacar kamu.. dengan komunikasi masalah kaya gini bisa cepet selesai tanpa salah paham. Tapi, klo kamu nanggepinnya dengan berpikiran “kyaknya gw gak perlu ngejelasin ke pacar gw, dya kan pengertian”. Mungkin pacar kamu gak akan marah  tapi di hati kecilnya pacar kamu mungkin akan merasa gak di anggap sebagai pacar.. seorang pasangan itu akan seneng dan bahagia banget ketika dya dijadiin sandaran sama pasangannya. Saat kamu ada masalah, saat kamu mengalami peristiwa yang enak atau gak enak dalam hidup kamu, dan pasangan mu menjadi orang yang pertama tau berita itu, itu merupakan kebahagiaan yang amat sangat besar untuk pasangan kamu. Karena dengan begitu pasanganmu benar-benar merasa diakui keberadaanya sebagai seorang pacar, lebih singkatnya merasa dianggap sebagai tempat untuk berbagi suka dan susah..

Bukan sok tau, atau menggurui.. karena gw sendiri bukan orang yang mengerti dalam dunia perpacaran (percintaan maksudnya).. tapi, Cuma mau berbagi aja.. semoga berguna… he…he…. Peace..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar